السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI SOLUSI SEMUA MASALAH, SEMOGA BERMANFA'AT UNTUK ANDA...!!!

Pebedaan UN 2010/2011, dan Penghapusan beberapa syarat UN tahun lalu


Kabar Gembira !!! Kabar Gembira !!!
            Ada kabar gembira buatmu yang akan menempuh Ujian Nasional (UN) 2010/2011. Kabar apa itu ? UN2010/2011 Semakin Demokratis. Lho, apa bedanya dengan UN-UN Sebelumnya ? Kalau Memang semakin demokratis, apa Untungnya ? Inilah Keuntungnya.
            Pertama, pemerintah Manghapus empat Syarat Kelulusan Yang Digunakan Tahun Lalu. Langkah ini diambil setelah pemerintah mendapat masukan dari berbagai pihak. Empat syarat yang dimaksud sebagai berikut :
1.      Siswa telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
2.      Siswa memperoleh nilai baik dalam mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
3.      Siswa berhasil lulus ujian sekolah.
4.      Siswa berhasil lulus UN dengan standar nilai kelulusan UN rata-rata 5,50
            Tahun lalu banyak siswa stres gara-gara memikirkan empat syarat kelulusan tersebut. Hal ini berdampak buruk terhadap konsentrasi belajar. Akibatnya, banyak siswa mengalamii kegagalan pada UN tahun lalu. Dengan dihapusnya empat syarat kelulusan itu, kamu bisa lebih konsentrasi menghadapi UN 2010/2011.
            Kedua, Pemerintah daerah diberi kewenangan untuk menentukan standar kelulusan. Kalau pada UN sebelumnya standar kelulusan hanya ditentukan Oleh BNSP, pada UN 2010/2011 pemerintah daerah juga diberi kewenangan. BSNP hanya menetapkan standar kelulusan untuk kategori sekolah mandiri. Adapun pemerintah daerah mempunyai kewenangan menentukan kelulusan siswa di wilayahnya masing-masing untuk sekolah kategori standar. Dengan system ini, diharapkan tidak ada lagi siswa yang dirugikan oleh UN. Inilah demokartisnya UN 2010/2011.
            Meskipun standar kelulusan bersifat luwes, pemerintah tetap menjaga objektivitas UN. Upaya ini ditempuh dengan menugasi BSNP untuk menentukan kisi-kisi soal UN 2010/2011. Jadi meskipun bentuk soal yang diujikan berbeda, soal-soal UN diseluruh Indonesia mengacu pada kisi-kisi yang sama.
            Ketiga, ini yang penting, menurut isu yang mendekati kebenaran, jadwal UN diundur. Jika tahun lalu UN dilaksanakan pada bulan april, UN 2010/2011 dilaksanakan pada bulan mei. Jadi, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Namun harus kamu ingat, pengunduran jadwal ini jangan sampai membuatmu terlena. Mempersiapkan UN lebih dini lebih bijaksana daripada ngebut belajar ketika UN Sudah sangat dekat.
            Penyempurnaan pelaksanaan UN 2010/2011 masih terus dilakukan untuk mewujudkan UN yang demokratis. Namun setidaknya tiga kebijakan pemerintah yang sudah cukup demokratis tersebut membawa keuntungan Buatmu.
Title : Pebedaan UN 2010/2011, dan Penghapusan beberapa syarat UN tahun lalu
Description : Kabar Gembira !!! Kabar Gembira !!!             Ada kabar gembira buatmu yang akan menempuh Ujian Nasional (UN) 2010/2011. Kabar apa itu...

Post Comment

Entri Populer