السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI SOLUSI SEMUA MASALAH, SEMOGA BERMANFA'AT UNTUK ANDA...!!!

Review Buku Epistemologi Sebuah Serpihan antara Teori dan Hasil Dalam Filsafat Ilmu


Penulis             : Dr. Limas Dodi, M.Hum.
Penerbit           : Pustaka Ilmu
Kota Terbit       : Yogyakarta
Tahun Terbit    : 2015
Cetakan ke-     : 1
Ukurang Buku  : 16 x 24 cm
Tebal Buku     : XIV + 183 Halaman
ISBN               : 978-602-7853-99-7

Filsafat berarti metode atau cara berpikir. Cara berpikir filsafat bersifat khas berbeda dengan cara berpikir para spesialis. Tidak semua berpikir disebut dengan filsafat, hanya berpikir secara mendalam dan sungguh-sungguh serta secara radikal sampai keakar-akarnya dan sistematis. Objek filsafat lebih luas daripada ilmu, karena ilmu hanya bersifat empiris tertentu saja, sedangkan filsafat mencakup hal-hal yang empiris maupun metafisika. Tidak semua orang mengetahui filsafat dan tidak semua orang wajib dalam berfilsafat.
Dalam buku ini yang berjudul EPISTEMOLOGI Sebuah Serpihan Antara Teori dan Hasil dalam Filsafat Ilmu. Sebuah buku yang membahas mengenai Filsafat Ilmu. Sebelum mengetahui mengenai filsafat ilmu perlu di ketahui juga pengertian ILMU. Ilmu merupakan suatu usaha untuk mengorganisir dan mensistematisasikan sesuatu yang dapat diperoleh dari pengalaman dan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan judul, buku ini mengkaji sebuah pemikiran ilmiah yang sistematis mengenai hal yang universal yang diperoleh melalui pengamatan empiris dan diinterpretasikan dalam sebuah hubungan konsep-konsep yang lebih disukai bagi pengamatan empiris dan logika. Metodologi-metodologi ilmu pengetahuan juga merupakan pembahasan yang ada dalam buku ini yang dapat digunakan dalam sebuah penelitian. Beberapa pembahasan lainnya dalam buku ini adalah mengenai Karakteristik filsafat, ilmu, pendidikan serta jalinan fungsional dalam epistemologi burhani, bayani, dan irfani. Serta tentang perspektif islam tentang ilmu pengetahuan.

Kelebihan
Penulis mampu menuliskan dengan menggunakan bahasa ilmiah yang komunikatif dan sistematis, yang pastinya mudah dipahami oleh setiap mahasiswa-mahasiswi yang memiliki buku ini. Sebuah buku yang pantas digunakan sebagai rujukan dalam penulisan sebuah karya ilmiah. Sumber-sumber yang digunakan penulis dalam menulis buku ini dapat dipertanggung jawabkan dan terpercaya. Buku ini menarik untuk dibaca terutama dengan melihat buku yang seakan-akan mirip dengan majalah dan penulisan “Bab” diganti dengan “Pintu” hal itu merupakan hal yang unik.

Kekurangan
Ada kelebihan pastinya ada kekurangan. Sebuah buku pastinya akan lebih mudah dipahami oleh pembaca ketika dalam sebuah buku penulis juga menyisipkan sebuah contoh empiris yang memiliki relasi dengan tema ataupun bab yang dibahas, hal itu menjadi kekurangan dalam buku ini.

Kesimpulan
Filsafat memiliki pemikiran yang khas yang beda dengan cara berpikir yang lainnya. Dan ilmu merupakan sebuah pengetahuan atau pengalaman yang berasal dari pengamatan empiris. Filsafat yang terkenal dengan bahasa ilmiahnya membuat hal itu unik dan menarik untuk dipelajari.

Title : Review Buku Epistemologi Sebuah Serpihan antara Teori dan Hasil Dalam Filsafat Ilmu
Description : Penulis             : Dr. Limas Dodi, M.Hum. Penerbit           : Pustaka Ilmu Kota Terbit       : Yogyakarta Tahun Terbit    : 20...

Post Comment

Entri Populer