السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI SOLUSI SEMUA MASALAH, SEMOGA BERMANFA'AT UNTUK ANDA...!!!

Monopoli kapitalisme

merupakan istilah yang dipakai oleh Lenin untuk mendefinisikan tahap baru kapitalisme diakhir abad ke 19. istilah ini digunakan dalam situasi dimana kehidupan ekonomi didominasi oleh korporasi besar, kapital perbankan dan kapital industrial membentuk unity dan menciptakan oligraki finansial, negara kapitalis besar melakukan intervensi imperialis kepada negara kecil. instrumen kapitalis semakin berkembang menggurita menguasai sektor perekonomian. secara definitif jary&Jary mendefinisikan Monopoly capitalism sebagai that form of state of capitalism in which concentrations of capital have brought about the development of cartels and monopolies which are able to manipulate the restrict the workings of free competitif market
konsentrasi modal telah membentuk negara kartel yang membawa ke arah monopoli pasar. dengan demikian persaingan bebas yang sehat tidak ada lagi, kegiatan ekonomi (pasar) telah dikuasai oleh pemilik modal, baik individu, kelompok bahkan negara.
Hilfreding, dengan bukunya Finance Capital (1910) menjadi dasar pemikiran Lenin dalam menjelaskan makna monopoli kapitalisme. uniknya Lenin menginterpretasikannya ke dalam doktrin politik yang memandang bahwa dalam tahap lebih lanjut monopoli kapitalisme akan dihadapkan pada sosialisme sebagai perang atas kekuatan imperialisme kapitalisme. Marxis-Leninis megelaborasikan Monopoli negara kapitalisme sebagai penjelasan atas meningkatnya peran negara dalam ekonomi kapitalisme.
lain halnya dengan penjelasan Baran dan Sweezy (1966), dimana kontradiksi kapitalisme baru telah menggantikan kontradiksi yang dianalisis oleh Marx. tingginya pertumbuhan ekonomi dan stabilitas kapitalisme pasca perang merupakan refleksi perubahan kapitalisme dari kompetisi menjadi Monopoli. peningkatan dan stabilitas ekonomi ini disokong oleh perusahaan besar monopolistik yang oleh Baran dan Sweezy disebut sebagai Surplus “ekonomi” masyarakat. selanjutnya kenaikan surplus ekonomi ini akan mneyebabkan stagnasi kecuali apabila telah diantisipasi. 
Title : Monopoli kapitalisme
Description : merupakan istilah yang dipakai oleh Lenin untuk mendefinisikan tahap baru kapitalisme diakhir abad ke 19. istilah ini digunakan dalam situa...

Post Comment

Entri Populer